IDENTIFIKASI RKP NAGARI KOTO VIII PELANGAI


  • IDENTIFIKASI BERDASARKAN RPJM-Nagari

Berdasarkan Peraturan Nagari Koto VIII Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, nomor : 06 Tahun 2018  tentang RPJM-Nagari Koto VIII Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Tahun  2018-2024 prioritas masalah yang harus diselesaikan meliputi masalah Penyelenggaraan Pemerintahan , Pembangunan Masyarakat, Pembinaan Kemasyarakatan Nagari, maupun Pemberdayaan masyarakat, Penangulangan Bencana, Darurat, dan Mendesak dan Pembiayaan Badan Usaha Nagari  Secara rinci permasalahan tersebut adalah :

  1. Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari
  2. Bidang Pelaksanaan Pembangunan
  3. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan
  4. Bidang Pemberdayaan Masyarakat
  5. Penangulangan Bencana, Darurat dan Mendesak
  • IDENTIFIKASI MASALAH BERDASARKAN PRIORITAS PEMBANGUNAN

            RKP Nagari Koto VIII Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, sebagai satu kesatuan mekanisme perencanaan daerah dalam proses penyusunannya harus juga memperhatikan prioritas kebijakan pembangunan daerah, mulai dari evaluasi Renja Kecamatan dan ataupun hasil evaluasi pelaksanaan RKP Daerah tahun sebelumnya serta prioritas kebijakan daerah tahun berikutnya. Masukan ini mutlak diperlukan agar RKP Nagari benar-benar mendorong terwujudnya visi-misi daerah secara menyeluruh.

Berdasarkan hasil paparan berkait dengan prioritas kebijakan pembangunan daerah, maka penekanan masalah diprioritaskan bagaimana daerah secara efektif mampu mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui optimalisasi pengembangan sektor ekonomi rakyat. Disamping itu untuk mendukung tercapainya prioritas tersebut perlu didukung sumber daya manusia melalui peningkatan alokasi pendanaan pada sektor pendidikan serta peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

  • IDENTIFIKASI MASLAH BERDASARKAN ANALISA KEADAAN DARURAT

Analisa keadaan darurat dilakukan untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang muncul secara tiba-tiba, baik disebabkan oleh bencana alam dan ataupun sebab lain yang apabila tidak segera diatasi akan semakin menimbulkan masalah bagi masyarakat. Berdasarkan anali sa pemerintah Nagari dan laporan yang disampaikan oleh masyarakat, ada beberapa masalah mendesak yang harus secepatnya diatasi oleh pemerintah Nagari Koto VIII Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir.

Masalah tersebut meliputi :

  • Kurang lancarnya Alay transportasi dimasyarakat.
  • Kurangnya tenaga medis untuk hewan
  • Tindakan medis kurang memadai apabila ada masyarakat yang sakit, karena jarak tempuh dari lokasi ke sarana kesehatan.
  • Jalan tergenang air dan Rusak di waktu musim penghujan
  • Kerusakan Akibat Kejadian Alam Baik Hujan ( Banjir ) .


Comments



Kirim Komentar